SELAMAT DATANG!!!

Selasa, 08 Oktober 2013

BUDAYA BAIK WAKATOBI



BUDAYA BAIK WAKATOBI#   
Wa Ode Salmiani Nur
A1D1 11 017
Wakatobi…!
Nama yang berasal dari empat nama pulau yaitu wangi-wangi, kaledupa, tomia, dan binongko merupakan pulau-pulau yang memiliki nilai eksotik yang luar biasa di Indonesia bahkan sekarang terkenal di mata dunia sebagai salah satu tempat wisata yang patut dikunjungi. Para wisatawan dalam maupun luar negeri yang pernah berkunjung ke tempat ini, mengaku kagum dengan keindahan dan kekhasan yang dimilikinya. Keindahan dan kekhasan pulau Wakatobi terletak pada kekayaan laut dan budaya masyarakatnya yang masih cukup kental.
Keindahan laut yang masih terjaga kelestarian dan keasliannyalah yang menjadikan pulau Wakatobi memiliki nilai plus di mata dunia.  Kelestarian alam lautnya tentu saja tak akan mampu bertahan lama jika masyarak setempat tidak memiliki kebiasaan yang menjadikan keindahan lautnya tetap terjaga. Adanya budaya masyarakat Wakatobi yang memanfaatkan kekayaan alam lautnya secara baik dan adil sehingga tidak terjadi berbagai kerusakan dan pencemaran.
Budaya masyrakat Wakatobi yang lebih senang menangkap ikan atau hewan laut lainnya dengan menggunakan jaring, alat pancing atau suku Bajonya yang biasa berenang sampai ke dasar laut untuk menangkap ikan hanya dengan menggunakan tombak. Kebiasaan inilah yang menjadikan laut Wakatobi tetap eksis di mata dunia sebagai surga laut.  Budaya masyarakatnya yang baik tentu saja menjadikan pulau Wakatobi tetap indah dan eksotis serta bernilai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar